5 Contoh Curriculum Vitae (CV) Yang Disukai Oleh Perusahaan

Mengapa pembuatan CV yang baik dan benar atau daftar riwayat hidup harus diperhatikan? Jawabannya simpel, karena CV yang baik dan benar atau daftar riwayat hidup lamaran kerja yang menarik tentunya akan membuat perusahaan yang kamu lamar tertarik dan memberikan kesan yang baik padamu sebagai pelamar selain surat lamaran kerja. Alhasil, kamu akan dipanggil ke tahap-tahap seleksi berikutnya seperti ke tahap wawancara dan membuatmu lebih dekat satu langkah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Karena CV merupakan aspek penting dan salah satu hal pertama yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak HRD (Human  Resources Department/ Bagian Sumber Daya Manusia), CV harus dibuat sebaik-baiknya dan menunjukkan benar informasi dan kualifikasimu sebagai pelamar.

Berikut ini adalah 10 contoh CV lamaran kerja atau daftar riwayat hidup yang bisa kamu jadikan inspirasi. Contoh – contoh CV lamaran kerja di bawah ini semuanya ditulis dengan benar, menarik, dan yang jelas akan meloloskanmu ke tahap seleksi yang lebih lanjut. Buat kamu yang sekarang baru cari-cari kerja dan butuh contoh CV yang baik dan benar, yuk cus disimak 10 contoh CV lamaran kerja di bawah ini!

1. Contoh CV Fresh Graduate

contoh cv fresh graduate

Ada beragam contoh CV yang bisa digunakan oleh fresh graduate untuk mulai melamar pekerjaan. Contoh di atas adalah CV yang dijadikan sampel oleh Student Jobs.

Di dalam contoh tersebut, sudah disebutkan berbagai unsur penting dalam CV mulai dari identitas hingga bagian hobby/interest.

Tips Menulis CV untuk Fresh Graduate

Glints punya 9 tips nih agar CV-mu terlihat menarik, di antaranya adalah:

  • gunakan bahasa yang mudah dipahami
  • sajikan informasi dengan tampilan yang menarik
  • urutan bagian dalam format CV fleksibel
  • urutan pertama sebaiknya meliputi pencapaian dan keterampilan yang kamu milikisesuaikan dengan posisi yang kamu cari
  • daftar item dalam setiap kategori disusun secara kronologis, yang paling baru muncul terlebih dahulu
  • hindari mencantumkan semua pengalaman organisasi, dan pencapaian lainnya yang tidak relevan dengan posisi yang akan kamu lamar
  • jangan sertakan keterampilan yang tidak kamu miliki, jika kamu belum dapat meyakinkan pihak perusahaan (HRD) bahwa kamu memiliki keterampilan tersebut
  • cantumkan keterampilan secara spesifik
  • jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing, cantumkan pada kategori keterampilan, berikan scoring kemampuan menulis dan berbicara pada bahasa asing tersebut.

2.Contoh CV dalam Bahasa Inggris

CV dalam bahasa inggris diperlukan bagi pelamar yang ingin melamar di perusahaan asing atau perusahaan internasional. Tapi saat ini juga banyak perusahaan loka di Indonesia yang membuka lowongan kerja dengan persyaratan pelamar mingirimkan CV dalam bahasa inggris. Jadi cek dengan benar persyaratannya ya supaya tidak salah kirim CV. Mengingat persaingan kerja yang semakin ketat, kemampuan menulis dengan Bahasa inggris yang baik dan benar adalah kebutuhan yang bisa dikatakan wajib untuk saat ini.

Contoh Curriculum VitaeContoh Curriculum Vitae

3.Contoh CV dalam Bahasa Indonesia

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan local, biasanya menerima CV dalam Bahasa Indonesia. Ada kelemahannya menggunakan CV dengan Bahasa Indonesia karena perekrut tidak akan tahu apa kamu bisa berbahasa asing atau tidak. Kalaupun tahu karena tertulis di resume, perusahaan tidak akan tahu seberapa fasih kamu menggunakannya.

Tentunya bila bisa bahasa asing, hal ini akan memberimu nilai plus. Tapi sekali lagi, apakah CV diserahkan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris itu tergantung dari perusahaan perekrut dan yang terpenting tetap saja kontennya. Berikut beberapa contoh CV dalam Bahasa Indonesia:

Contoh Curriculum VitaeContoh Curriculum Vitae

 

4. Contoh CV Kreatif

Secara umum, CV lamaran kerja atau daftar riwayat hidup ditulis dengan gaya formal alias resmi. CV yang baik dan benar tidak banyak memuat gambar dan desain macam-macam, kecuali foto diri, itupun pas foto resmi. Namun, banyak orang yang berpendapat CV gaya lama seperti ini sangat membosankan karena hanya hitam-putih semata, tidak banyak yang bisa dilihat. Mereka lebih percaya jika HRD akan tertarik pada jenis CV yang baik dan benar atau daftar riwayat hidup yang kreatif, anti mainstream, dan terlihat non-formal. Berikut contoh CV kreatif yang dimaksud.

CV Desain Grafis

5. Contoh CV Lulusan S1

Kalau kamu lulusan S1, membuat CV atau daftar riwayat hidup akan lebih mudah karena pasti banyak yang bisa dituliskan dalam CV, terutama dalam bagian riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Meski demikian, pembuatan CV untuk lulusan S1 tetap tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini adalah contoh CV atau daftar riwayat hidup untuk lulusan S1 yang bisa kamu contoh.

 

Selain surat lamaran kerja, jangan lupa untuk mencantumkan informasi yang sebenar-benarnya tentang dirimu dan jangan lupa juga untuk tidak terlalu alay dan show off saat menulis CV lamaran kerja. Tulis yang benar-benar penting saja, misalnya riwayat organisasi. Gak perlu deh kamu tulis semua, termasuk organisasi yang kamu ikuti di SD/SMP misalnya.

Alih-alih mendapat perhatian HRD, CV kamu justru akan dianggap berlebihan oleh mereka dan tidak diloloskan. Semoga semua contoh CV lamaran kerja di atas bisa berguna, ya untukmu. Good luck!

 

 

KOMENTAR

Wordpress (0)
Disqus (1 )