5 pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja

 

JAKARTA, Indonesia — Sebagai bagian dari proses pencarian kerja, sesi wawancara menjadi salah satu yang terpenting. Dalam tahapan ini, seorang pencari karyawan akan mencoba mengetahui karakter dari pencari kerja, terutama untuk memastikan agar karyawan yang direkrut sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Oleh karena itu, menjawab pertanyaan saat wawancara dengan tepat adalah wajib. Agar kamu lebih siap menghadapi wawancara kerja, berikut lima pertanyaan yang sering muncul.

“Ceritakan tentang diri Anda.”

Dari pertanyaan ini, seorang pencari karyawan ingin mengetahui kepribadian, kemampuan, pengalaman, dan keinginan dari pelamar kerja. Jika mendapatkan pertanyaan ini maka kamu harus berusaha menjawab dengan singkat namun tetap lengkap.

Jika kamu seorang fresh graduate maka perkenalkan nama, fakultas, universitas, serta kegiatan saat masih kuliah. Jika sebelumnya kamu sudah pernah bekerja, kamu bisa jelaskan perusahaan tempat kamu bekerja dan apa deskripsi pekerjaanmu di sana.

Lebih lanjut kamu biasnaya akan ditanya tentang kelebihan dan kekurangan diri. Sebaiknya jawab yang jujur tetapi tetap optimis. Setelah menjelaskan kekuranganmu, akan lebih baik jika kamu juga mengatakan apa saja yang telah dan akan kamu lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

“Apa motivasi Anda bekerja di perusahaan ini?”

Pertanyaan ini terkadang bisa menjebak. Agar bisa menjawab pertanyaan ini, sebelum wawancara kamu harus membaca terlebih dahulu profil perusahaan dan deskripsi pekerjaan tersebut. Jangan sekali-kali kamu mengatakan hanya tertarik pada gaji yang ditawarkan!

TIPS. Berikut tips untuk mengatasi kesalahan yang kerap dilakukan anak baru di tempat kerja. Ilustrasi oleh Rappler

“Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?”

Mirip seperti pertanyaan sebelumnya, pertanyaan ini juga ingin mengetes seberapa jauh kamu mengenal perusahaan. Ini juga dapat mencerminkan apakah kamu seseorang yang serius dan sungguh-sungguh dalam bekerja atau justru sebaliknya.

“Bagaimana cara Anda bekerja di bawah tekanan?”

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang berfungsi untuk melihat perilaku seseorang saat menghadapi situasi tertentu. Sebaiknya kamu menjawab dengan menceritakan pengalaman yang pernah dilalui sebelumnya.

“Apa yang membuat kami harus menerima Anda?”

Pertanyaan yang satu ini bisa jadi jebakan jika tidak dipersiapkan dengan baik. Untuk menjawabnya, kamu harus menonjolkan kelebihanmu dibanding kandidat lain, namun jangan menjelekkan-jelekkan mereka. Akan lebih baik jika kelebihanmu tersebut memang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang dicari oleh perusahaan.

Setelah mengetahui lima pertanyaan di atas, jangan lupa siapkan jawaban sebaik-baiknya ya. Semoga berhasil!

Post Author: kerjanyata

Tinggalkan Balasan